Kamis, 02 September 2010

PostHeaderIcon Lebih 650 dokter siap ke daerah terpencil

JAKARTA: Sedikitnya 2.031 orang tenaga kesehatan siap bertugas bertugas ke daerah terpencil. Tenaga kesehatan tersebut terdiri dari 514 dokter umum, 143 dokter gigi, dan 1.374 bidan baru PTT.

Mereka semua siap bertugas di fasilitas pelayanan kesehatan daerah terpencil, dan sangat terpencil di seluruh Indonesia.

Dokter dan dokter gigi tersebut, kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, diangkat melalui mekanisme pendaftaran online. Untuk selanjutnya dilakukan validasi data, dan skoring dalam rangka penetapan penempatannya.

Penempatan dokter/dokter gigi/bidan PTT tersebut, lanjut Menkes, diprioritaskan pada fasilitas pelayanan kesehatan kriteria terpencil dan sangat terpencil, untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan yang profesional, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di daerah tersebut.

"Sampai saat ini tenaga dokter/dokter gigi/bidan PTT yang berada di daerah terpencil dan sangat terpencil, untuk dokter umum sebanyak 3.451 orang, dokter gigi 1.028 orang, dan bidan 29.181 orang," ujar Menkes dalam rilis yang dikirim Pusat Komunikasi Publik Kemenkes hari ini.

Pelepasan secara nasional para tenaga kesehatan tersebut, dilakukan oleh Menkes di Jakarta, yang diwakili oleh dokter dan dokter gigi lulusan Provinsi DKI Jakarta.  Untuk lulusan 12 provinsi lainnya, dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi atas nama gubernur setempat.

Sumber : http://web.bisnis.com
Foto : foto kartun dokter

0 komentar: