Kamis, 02 September 2010

PostHeaderIcon Waspadai Banjir Lahar Gunung Sinabung

WARGA yang bermukim di bantaran sungai yang berhulu di puncak Gunung Sinabung diminta waspada terhadap mungkin terjadinya banjir lahar. "Imbauan ini dikeluarkan mengingat belakangan ini di wilayah sekitar Gunung Sinabung sering turun hujan sesudah meletus pada Minggu (29/8) dini hari," kata Kepala Bagian Tata Usaha Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Iman K Sinulingga di Medan, kemarin.

Gunung Sinabung masih berstatus awas atau level IV. Untuk itu, pihaknya merekomendasikan beberapa hal, baik kepada masyarakat pengungsi maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo. Pertama, warga yang bermukim dan beraktivitas dalam radius 6 km dari kawah aktif Gunung Sinabung diungsikan ke tempat yang aman.

Jika terjadi lagi hujan abu cukup deras, masyarakat juga diimbau agar segera menggunakan masker penutup hidung dan mulut serta menutup sumber-sumber air untuk keperluan minum.
"Mengingat Gunung Sinabung tidak diketahui aktivitas dan sifat letusannya, masyarakat bersabar mengikuti arahan satlak, satkorlak, pemda setempat, serta senantiasa berkoordinasi dengan tim ahli di lapangan," katanya.

Pada saat meletus debu vulkanik menutupi sejumlah desa. Di antaranya, Desa Suka Nalu, Desa Bekera, Desa Simacem, Desa Sigaranggarang, Desa Hutagugung, Desa Utapelin, Desa Kuta Rakyat, Kecamatan Naman Teran.

Jumlah pengungsi, hingga kemarin pukul 12.00 WIB, tercatat sekitar 25.548 jiwa. Seluruh pengungsi ditempatkan di 11 lokasi penampungan di Kabanjahe. Beberapa lokasi di antaranya, Jambur Lige (2.500 jiwa), Jambur Adil Makmur (2.655), Jambur Tuah Lopati (1.434), Jambur Sempakata (1.267), Jambur Dalihan Natolu (1.293), Jambur Pulungan (1.013), dan Gedung KNPI/Serbaguna (560 jiwa).

Di sisi lain, Rumah Sakit Umum Daerah Kabanjahe tercatat menangani 80 pasien yang menjadi korban meletusnya Gunung Sinabung. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tanah Karo Jonathan Tarigan mengatakan, berdasarkan data terbaru, sebagian besar pasien berasal dari beberapa lokasi pengungsian dan 12 orang di antaranya menderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Adapun bantuan kepada para pengungsi terus mengalir. Di antaranya, dari pemerintah pusat, pemerintah Amerika Serikat, dan PP Muhammadiyah.

Gunung Sinabung memiliki ketinggian 2.640 meter di atas permukaan laut. Koordinat puncak Gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU, 98 derajat 23 menit BT. Gunung Sinabung ini memiliki puncak tertinggi di Sumatra Utara.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com
Foto : gunung sinabung

0 komentar: